7 Tips Renovasi Rumah Yang Ramah Lingkungan

7 Tips Renovasi Rumah Yang Ramah Lingkungan

Untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan mungkin akan penat dengan kegiatan sehari-hari dan menginginkan relaksasi dengan melihat pemandangan hijau.Namun, menemukan lahan hijau di perkotaan adalah hal yang sulit karenapembangunan infrastruktur bangunan dan jalan yang terus digalakkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, mungkin Anda sesekali ingin pergi ke daerah yang terletak di dataran tinggi yang otomatis memiliki pemandangan alam dan ruang terbuka hijau. Jika Anda bisa mengubah rumah Anda lebih hijau lagi, kenapa harus pergi ke luar kota untuk mencari udara segar? Berikut ini adalah praktek dan material yang ramah lingkungan untuk renovasi rumah Anda.

  1. Tampung air hujan

Anda bisa menempatkan tong dibawah pipa aliran air hujan. Sistem ini digunakan untuk mengumpulkan dan menampung air hujan agar tidak terbuang sia-sia. Pemanfaatan air hujan ini bisa Anda pakai untuk menyiram tanaman, bukan? Cara lain untuk mengalirkan air ke tanaman Anda adalah dengan menggunaak aksesoris taman ‘rain chain’ yang digantung di atas tanah.

  1. Buatlah atap yang hijau

Atap yang hijau bisa Anda wujudkan dengan cara membuat wadah untuk tanaman yang besar ataupun dengan pot-pot kecil. Manfaat dari ruang hijau di atap rumah Anda adalah untuk membantu mendinginkan udara, menyekat ruang interior rumah, dan tentu saja menyediakan ruang ekstra untuk taman yang indah sebagai fasilitas premium di rumah Anda yang berada di perkotaan.  Apakah terdengar sulit untuk Anda? Anda bisa membuatnya di atas garasi Anda agar lebih mudah.

  1. Membangun lebih pintar, bukan lebih besar

Jika Anda mempertimbangkan renovasi besar-besaran untuk rumah Anda, cobalah lihat kembali ruang yang tersedia sebelum menambah sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Apakah Anda perlu membuat loteng? Bisakah Anda bisa merubah kamar mandi yang jarang Anda pakai untuk ruangan yang penuh dengan cahaya matahari? Anda bisa memakai bantuan jasa tukang bangunan untuk melakukan hal ini, coba cari tukang bangunan online yang profesional agar hasilnya terjamin.

  1. Tingkatkan cahaya alami dan udara yang masuk ke ruangan

Tempatkan jendela di atap Anda untuk mendapatkan cahaya dan udara dengan jumlah yang banyak masuk ke rumah Anda. Dengan sistem ini, Anda akan lebih bisa mengatur seberapa banyak cahaya dan udara yang masuk tanpa memerlukan pendingin ruangan. Jangan lupa untuk mempertimbangkan dengan matang dimana Anda akan memasang jendela tersebut. Mungkin di atas tangga rumah Anda? Ide yang bagus, bukan?

  1. Gunakan barang-barang recycle

Dengan menggunakan barang-barang daur ulang untuk perabotan rumah Anda tentu saja merupakan bagian dari tindakan yang ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan barang-barang yang dihasilkan dari recycled paper ataupun Anda bisa memasang ubin yang cara pembuatannya adalah dengan recycle.

  1. Dapatkan tampilan yang segar dengan I.Y karpet dan keset

Anda tentu saja dapat memanfaatkan kaos-kaos atau bahan yang sudah tidak terpakai untuk membuat karpet dan keset dengan warna yang berbeda di satu karpet sehingga tercipta motif yang unik daripada Anda harus membeli karpet baru.

  1. Investasi panel tenaga surya

Jika Anda ingin membuat perubahan yang berdampa besar bagi lingkungan, Anda bisa mengaplikasikan panel tenaga surya. Walaupun pada awal investasi sangat mahal, tapi hasilnya sangat terbayarkan karena Anda bisa lebih menghemat energi jika memang Anda berencana untuk tinggal dalam waktu yang laama di rumah tersebut.